News

01 April 2016

Cara Merawat Alat Fitness di Rumah

Sesudah membeli alat fitness dan menggunakannya, Anda harus tahu juga cara merawatnya. Dengan perawatan yang tepat peralatan fitness akan lebih awet serta bersih dari kotoran terutama bekas keringat. Kan sayang, sudah beli mahal –mahal namun penampilannya kumal dan kusam dikarenakn jarang dibersihkan dan dirawat dengan baik.



Setelah memilih alat fitness dan membeli, sekarang masalahnya adalah gimana cara merawat peralatan fitness yang baik? Berikut ini beberapa kiat bagi Anda untuk merawat alat fitness di rumah:

Bersihkan Secara Teratur
Secara teratur bersihkan peralatan olahraga Anda dengan kain lap basah lalu dikeringkan dengan kain lap kering. Untung pegangan alat yang terbuat dari spon bisa dibersihkan dengan menggunakan alkohol agar bau, kotoran serta keringatnya bisa hilang. Bila pegangan tersebut bisa dilepas, ada baiknya dicuci dengan menggunakan air sabun, bilas hingga bersih dan keringkan.

Gunakan Pelumas
Untuk daerah-daerah persendian alat dimana terjadi pergesekan yang bisa menyebabkan aus harus secara rutin diberikan pelumas. Namun ingat, jangan terlalu sering juga karena sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. Setidaknya berikan pelumas 4 - 6 bulan sekali. Selain mencegak aus, pelumas mencegah karat pada alat.

Untuk treadmill selain pada persedian alat, Anda harus melakukan pengecekan pada bearing. Bearing pada treadmill biasanya berada dibagian bahwa karena bearing berfungsi sebagai bantalan untuk berjalan / berlari. Bila bearing sudah kering sehingga kinerja treadmill agak berkurang maka Anda perlu menggunakan minyak pelumas yang berbentuk padat / pasta untuk melapisi bearing tersebut.

Untuk jenis pelumas yang digunakan secara umum untuk semua bagian persedian disarankan menggunakan pelumas semprot agar Anda tidak perlu melepas-lepas setiap bagian. Agar lebih aman tanyakan kepada toko alat fitness-nya agar Anda tidak salah dalam menggunakan pelumas.

Alat Fitness dengan Tenaga Listrik
Untuk peralatan olahraga yang menggunakan tenaga listrik, ada perawatan tambahan yang harus Anda lakukan.  Anda perlu mengecek kabel dan memastikan tidak ada yang putus maupun kendor. Selain itu, pastikan kabel-kabel tidak akan digigit oleh tikus. Bila kabel sudah rusak, nanti jadinya susah.

Beberapa alat treadmill tidak menggunakan listrik, mereka hanya menggunakan baterai. Anda harus melakukan pengecekan rutin untuk memastikan baterai masih bagus alias tidak berkarat, tidak mengeluarkan cairan dan lainnya. Bila sudah kurang tenaganya, disarankan menganti baterai.

Untuk peralatan olahraga dengan tenaga listrik juga membutuhkan check up berkala. Setidaknya setahun sekali mintalah tenaga ahli untuk memeriksanya keseluruhan alat untuk memastikan tidak ada yang salah.